Laman

Minggu, 07 Agustus 2011

Pasang Thermoswitch Suhu Radiator

Pasang Thermoswitch Suhu Radiator
Oleh:  JK "SembuR"  www.jk-sembur.blogspot.com


Selama ini suhu mesin di mobil Peugeot 405SR saya manteng pada posisi 70 derajat celsius.
Sementara untuk mobil Peugeot 405 suhu ideal yang dibutuhkan adalah 85 - 90 derajat celsius.
Setelah nyari info di Google, akhirnya dapat teori yang kemudian langsung saya praktekkan.
Yaitu pasang / modif thermoswitch fan radiator yang pemasangannya disambungkan pada selang radiator bagian bawah.


Peralatan yang dibutuhkan sbb:
  • Thermoswitch (saya pake punya Forsa).
  • Relay
  • Pipa (saya pake pipa bekas sepeda)
  • Mur
  • Kabel
  • Solatif hitam
  • Solatif putih (yang biasanya dipake untuk kran air)
Di bawah ini foto peralatan yang saya pergunakan, tapi saat memfoto, relaynya ketinggalan.:




Pengerjaannya:
  1. Pipa dan mur saya bawah ke tukang las, untuk dibentuk seperti pada gambar di atas.
  2. Thermoswitch saya pasang ke pipa tadi dengan terlebih dulu draft thermoswitcnya saya balut pake solatif putih.
  3. Kemudian selang radiator bagian bawah saya potong, (harus selang yang bagian bawah. Bukan yang bagian atas). Saya pernah coba pake yang bagian atas tapi hasilnya tidak optimal.
  4. Saya sambungkan pipa yang sudah terpasang thermoswitchnya ke diantara selang yang telah terpotong tadi.
  5. Pada thermoswitch, ada 2 kabel . Satu kabel saya hubungkan ke bodi mobil. Yang satu kabel lagi saya hubungkan ke relay.
  6. Isi air radiator kemudian saya tes hidupin mesin.
Kabel yang dari relay skemanya sbb:
Pada relay mempunyai 4 kaki. Masing-masing kaki ada nomernya.
Nomer 30 saya hubungkan ke plus (+) aki yang terlebih dulu melewati skring.
Nomer 85 saya hubungan ke thermoswitch.
Nomer 87 saya hubungkan ke plus (+) Fan radiator.
Nomer 86 saya hubungkan ke kunci kontak

Di bawah ini gambar skema kabel dari relay.


Hasilnya :
Sebelum DIY: Suhu mesin manteng pada angka di bawah 70. Jarum RPM ada pada angka 550 - 600 (kondisi mesin langsam / idle). Efeknya boros bensin.
Stelah DIY: Suhu mesin manteng pada angka mendekati 80. Jarum RPM ada pada angka 900 - 950 (kondisi mesin langsam / idle) Efeknya bensin lebih hemat.

Untuk mobil Peugeot 405 suhu ideal yang dibutuhkan adalah 85 - 90 derajat celsius.


Di bawah ini gambar sebelum dipasang Thermoswitch (kipas mutar terus), efeknya suhu mesin terlalu dingin. Sehingga tidak mencapai suhu yang dibutuhkan.




Di bawah ini gambar setelah dipasang Thermoswitch (kipas akan mutar jika mencapai suhu 80 derajat celsius)



Di bawah ini gambar selang radiator yang telah saya potong (selang bawah).


Di bawah ini gambar posisi Thermoswitch yang telah saya pasang.
Waktu pengerjaan:  Sabtu dan Minggu, 6 - 7 Agustus 2011. Jadi saya menghabiskan waktu 2 hari. Sebenarnya yang membuat lama adalah waktu memasang selang radiatornya. Karena harus ngolong ke bawah mobil.

Demikian, semoga ada manfaatnya.
Jika ada yang menanyakan lebih lanjut silakan hubungi:

 JK
"SembuR"  www.jk-sembur.blogspot.com


Email: jk405sr@gmail.com

6 komentar:

  1. dua jempol.... infonya... thanks

    BalasHapus
  2. prmisi mas bro mo tanya nih!!!! itu jalur yg 86 yg dmaksud diatas kontak acc/ig wrna kabel apa y mas bro!?!?!?

    maklum saya masih newbie nih :)

    thx sbelumnya mas bro

    BalasHapus
  3. Itu untuk pug 405 SRi otomatais fan satunya operasi otomatis sesuai temperatur gak mas?

    BalasHapus
  4. Minta bantuin bikin om..kena berapa

    BalasHapus
  5. Kabel dr thermoswitch ada bedanya nggak bos yg ke positif dan kenegatifnya. Atau bolak balik sma aja.....

    BalasHapus
  6. Izin mas...
    Rellay yg dimaksud di atas adalah relay yg type normaly close, sebab mekanisme kerja termoswitch yaitu terputus saat mencapai suhu panas yang sudah dikhususkan untuk kerja mesin yg ideal. Kalau dipasaran agak sulit didapat rellaynya mas. Pake rellay biasa bisa cuma dimodif dikit yg kaki 30 nya mas. Soalnya sy buat gitu.

    BalasHapus